Senin, 22 Maret 2021

Sering Merasa Nyeri Pada Bagian Lambung? Begini Cara Mudah Mengatasinya


Masalah pencernaan bisa membuat seseorang mengalami banyak penyakit. Sehingga Anda penting untuk menjaga kesehatan pencernaan agar bisa menghindari penyakit yang dapat membuat pencernaan bermasalah. Salah satu masalah yang dapat dialami adalah ketika merasakan nyeri lambung.

Kondisi ini merupakan adanya radang yang ada pada dinding lambung atau gastritis. Sehingga hal tersebut akan membuat rasa nyeri yang ada di bagian penting yaitu pada lambung. Apabila mengalami kondisi ini akan merasakan beberapa gejala yang terjadi seperti muntah, mual, begah, dan juga tentunya merasa nyeri pada bagian lambung.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa untuk meminimalisir faktor yang bisa menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Adapun untuk beberapa penyebab yang bisa membuat nyeri di bagian lambung adalah:

1. Infeksi bakteri

Penyebab pertama mengapa seseorang bisa mengalami nyeri di bagian lambung adalah karena infeksi bakteri. Dimana bakteri yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah helicobacter pylori.

Apabila mengalami infeksi bakteri tersebut maka akan terjadi gastritis yang membuat nyeri di bagian lambung dan juga masalah pencernaan lainnya. Akan tetapi walaupun begitu tidak semua orang yang mempunyai infeksi bakteri ini akan juga mengalami gastritis. Sehingga efek yang dirasakan akan berbeda bagi setiap orang.

2. Obat-obatan

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri lambung adalah karena mengkonsumsi obat-obatan. Bagi yang mengkonsumsi ibuprofen dan aspirin yang merupakan obat pereda nyeri akan membuat lebih mudah untuk mengalami nyeri di bagian lambung.

Terutama apabila mengkonsumsi jenis obat tersebut dalam jangka waktu yang lama. Sehingga hal tersebut akan membuat mengalami nyeri di bagian lambung dan gastritis yang akut maupun kronis. Bagi Anda yang membutuhkan untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri atau antidepressan dalam jangka panjang sebaiknya bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah, terutama bagi yang mempunyai beberapa kondisi seperti maag atau GERD.

3. Usia

Hal lain yang juga bisa menyebabkan faktor mengalami nyeri di lambung semakin tinggi adalah karena faktor usia. Bagi yang mempunyai usia lanjut, hal tersebut juga bisa membuat resiko mengalami kondisi penyakit ini juga ikut bertambah.

Dimana apabila masih muda tentunya akan mempunyai pola hidup yang masih terjaga dan kerja dari lambung yang bisa optimal. Akan tetapi karena pertambahan usia bisa membuat kinerja lambung berkurang. Sehingga hal tersebut membuat kinerja lambung kurang optimal. Oleh karena itulah hal tersebut akan membuat resiko mengalami radang lambung menjadi lebih meningkat.

4. Alkohol

Masalah lainnya yang bisa mengakibatkan nyeri di lambung adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Bagi Anda yang suka mempunyai kebiasaan ini akan lebih baik untuk mulai mengurangi dan menghindarinya.

Karena dengan minum alkohol berlebihan akan membuat lambung mudah iritasi dan menyebabkan masalah di bagian lambung. Sehingga akan lebih baik apabila mengurangi salah satu gaya hidup yang tidak sehat ini.

5. Stress

Penyebab yang bisa membuat seseorang mengalami nyeri pada bagian lambung adalah karena stress atau terlalu banyak pikiran. Hal ini dapat memicu serangan gastritis sehingga membuat naiknya asam lambung. Untuk menghindari hal ini sendiri bisa menjaga agar tidak mudah stress dan banyak pikiran.

Seperti dengan melakukan olahraga yang dapat membuat perasaan lebih senang dan tenang. Anda juga bisa mencegah stress dengan melakukan hobi yang disukai. Sehingga dengan beberapa hal tersebut akan bisa membuat stress dapat dihindari dan membuat pemicu gastritis karena stress juga bisa ditiadakan.

0 komentar:

Posting Komentar