Rabu, 10 Maret 2021

Sebelum Membeli, Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangan AC Split


AC single split tentunya sudah tidak asing di telinga Anda karena AC ini termasuk jenis yang paling laris di pasaran. AC split merupakan pendingin ruangan yang diatur untuk mengeluarkan suhu dingin dan lebih efektif bekerja di ruangan tertutup. Jenis AC ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di antaranya adalah:

Kelebihan AC Split 

1. Memiliki bentuk yang simpel

AC split umumnya berbentuk persegi panjang serta dipasang pada dinding atas. Memiliki bentuk yang simpel menjadikan AC ini bisa ditempatkan di kamar atau ruangan rumah lainnya.

2. Lebih hemat daripada jenis AC lain

Jenis AC Split ini sangat diminati masyarakat karena menggunakan daya listrik yang hemat jika dibandingkan dengan AC jenis lain seperti AC Central atau AC standing.

3. Lebih cepat dalam mendinginkan suhu

Meskipun memiliki bentuk yang simpel, AC Split ini dapat mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dibandingkan yang lain. Jenis AC yang satu ini bahkan bisa dibilang memiliki kemampuan yang cukup hebat untuk mendinginkan udara pada ukuran energi yang hemat. Jadi, Anda tidak perlu memakan waktu lama saat menunggu ruangan menjadi dingin dengan AC Split. 

4. Bisa dikendalikan dengan jarak jauh

Sudah bukan rahasia umum lagi jika AC Split didukung dengan bantuan remote yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Dengan kecanggihan teknologi di era modern ini, Anda bisa mengendalikan AC Split dengan smartphone yang memiliki fitur remote. Tentunya hal ini sangat mempermudah Anda dalam menghidupkan AC ketika anda malas untuk bergerak.

Kekurangan AC Split

1. Daya listrik lebih besar ketika pertama kali dinyalakan

Meskipun bisa dibilang irit, namun pemakaian daya listrik AC Split ketika pertama dinyalakan sangat boros. Hal ini sebab AC split memerlukan banyak energi supaya dapat menggerakan berbagai komponen yang ada di dalamnya.

2. Tidak boleh hidup-mati terlalu sering

Kelemahan lain dari AC Split ini adalah boros listrik jika Anda menghidupkan dan mematikannya terlalu sering. Oleh sebab itu, sering kita dengar anjuran untuk tidak menghidupkan ataupun mematikan AC karena selain dapat membuat daya listrik menjadi boros juga bisa menjadikan mesin pendingin ruangan tersebut lebih cepat rusak.

3. Sulit untuk mempertahankan suhu

Meskipun suhu dalam ruangan menjadi lebih cepat dingin saat AC Split menyala, namun suhu di dalam ruangan tersebut sulit untuk dipertahankan. Hal ini mengharuskan Anda untuk memastikan suhu dalam ruangan supaya selalu terjaga.

Itu dia beberapa kelebihan dan juga kekurangan AC Split. Meskipun bisa dibilang sangat hemat energi, namun penggunaan AC Split ini diperlukan banyak syarat supaya pemakaian energi bisa benar-benar hemat. Oleh sebab itu, Anda harus selalu bijak ketika memilih jenis AC yang cocok berdasarkan kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar