Selasa, 05 Januari 2021

Hendak Membeli Mobil? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya!


Bagi orang yang harus menempuh perjalanan jauh setiap hari, mobil merupakan sebuah kebutuhan. Beruntungnya, dewasa ini cukup banyak perusahaan pembiayaan yang memberikan penawaran cicilan terjangkau berupa angsuran mobil bekas 2 jutaan. Yang perlu Anda lakukan sekarang tinggal menyeleksi jenis mobil berdasarkan kebutuhan Anda. Pasalnya, tiap jenis mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah, untuk tahu jenis mobil mana yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan harian Anda, simak artikel berikut, ya!

1. SUV

Mobil SUV mampu untuk mengangkut banyak penumpang. Biasanya, kapasitas kabin mobil SUV dapat mencakup 8 orang termasuk pengemudi. Mobil SUV juga bisa dikatakan sebagai gabungan antara Jeep, sedan, juga pickup. Dengan ground clearance atau jarak bodi ke tanah yang cukup tinggi, suspensi yang kuat, fitur yang komplit, serta bodi dan ban yang besar, mobil SUV tidak akan bermasalah jika harus dihadapkan dengan tingkat kesulitan jalanan yang bermacam-macam. 

2. MPV

Mobil MPV memiliki kapasitas yang besar seperti SUV, yaitu mampu memuat 8 orang (7 penumpang dan 1 supir). Namun, ada perbedaan yang mencolok antara SUV dan MPV, yaitu pada kenyamanan berkendara. Mobil MPV umumnya memiliki desain interior atau kabin yang luas dan juga nyaman karena ditujukan untuk keluarga. Namun, kursinya dapat dilipat sehingga bisa mengangkut banyak barang juga. 

3. Sedan

Berbeda dengan dua jenis mobil sebelumnya, mobil sedan memiliki ukuran yang lebih kecil. Meski begitu, kesan yang dipancarkan cenderung lebih mewah. Maka tak mengherankan bila jenis mobil ini umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal dan banyak digunakan oleh kalangan menengah ke atas. Mobil jenis sedan memiliki ciri khas berupa kursi dua baris dan bagasi mungil, umumnya terpisah dari kabin penumpang. Minimnya ukuran mobil ini membuatnya sangat ideal untuk digunakan di dalam kota. Sebab, manuver kendaraan di jalan kota yang padat akan menjadi lebih mudah. Selain itu, mobil ini juga ideal untuk keluarga kecil.

4. Hatchback

Hatchback memiliki kesamaan dengan mobil sedan. Perbedaan keduanya terletak pada bagasi. Jika bagasi mobil sedan terpisah dari kabin penumpang, bagasi mobil hatchback menyatu dengan kabin. Walhasil, mobil hatchback punya panjang yang lebih ringkas dibanding sedan. Jenis mobil satu ini juga cocok digunakan buat Anda yang sering melakukan perjalanan dalam kota. Sebab, ukurannya yang ringkas membuatnya mudah dimanuver. Meski begitu, keterbatasan pada kabin penumpang membuat mobil ini jenis cocok untuk pengendara tunggal, pasangan baru menikah, atau suami-istri yang punya anak kecil. 

Nah, itu dia sederet jenis-jenis mobil berdasarkan karakteristik serta fungsinya. Apakah sekarang Anda sudah tahu jenis mobil mana yang sekiranya cocok untuk Anda? 

0 komentar:

Posting Komentar