Selasa, 16 Juni 2020

Jaga Keselamatan Tenaga Medis, CIMEDs UGM Kembangkan Helm Purwarupa Bernama Astro


Helm Purwarupa Astro dari CIMEDS UGM. ©2020 Merdeka.com

Perlindungan tenaga medis merupakan hal yang penting terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Hal ini terutama perlindungan untuk dokter gigi spesialis.

Terkait hal ini, Dr. Suyitno dan drg norman kusumo.Sp.perio, dari CIMEDS UGM mengembangkan inovasi APD (Alat perlindungan diri). Alat perlindungan ini setara tingkat keamanan BSL-4 ( Bio safety level 4) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan para tenaga medis di garda depan.

Alat perlindungan ini diberi nama Astro. APD buatan anak bangsa ini terdiri dari Penutup kepala, setengah badan dan full one piece.

Selama ini, APD terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan menjadi kekurangan dalam penanganan virus ini. Astro dikembangkan dengan APD yang terintegrasi menjadi satu kesatuan yaitu kepala, badan, dan tangan.

Fitur unggulan Astro ini adalah menutup semua bagian depan operator secara 180 derajat. Selain itu, terdapat fitur jendela di samping dekat telinga kiri dan kanan untuk ruang sirkulasi mengurangi pengembunan. Fitur unggulan lainnya yaitu resleting di bagian belakang jadi pemakaian masuk aksesnya dari belakang.

Sejumlah fitur ini lahir dari inspirasi kerja dokter gigi yang sangat tinggi aerosol. selain itu operator pun masih tetap aman karena masih menggunakan lapisan pertama yaitu Hazmat serta APD level 3.

Astro juga memiliki faceshield berbahan PV yang tahan air dan cipratan. Selain itu, faceshield ini juga washable atau bisa daur ulang dengan cara desifeksi yang sesuai Protokol

Astro merupakan produk lokal dengan material-material ciptaan Indonesia dan diproduksi di Yogjakarta. Harga jual dari produk ini juga cukup murah sehingga kemungkinan dapat diproduksi massal.

0 komentar:

Posting Komentar