Kamis, 07 Mei 2020

5 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Kulit Kepala Kering


Anda merasa kurang percaya diri karena ketombe dan gatal yang mengganggu penampilan? Akar masalah ketombe, gatal dan rambut rontok bisa dikarenakan kondisi kulit kepala kering. Penyebab kondisi yang cukup menjengkelkan bervariasi seperti eksim, kelainan genetik, salah pilih produk perawatan rambut, intensitas terpapar AC dingin yang terlalu sering, dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda wajib segera mencari solusi penanganan masalah kulit kepala agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan. 

Bahan alami untuk atasi kulit kepala kering

Daripada Anda bingung mencari produk yang cocok dengan kondisi rambut, yuk coba bahan alami yang bisa atasi kondisi kulit kepala yang terlalu kering berikut!

1. Lidah buaya 

Semua orang pasti tahu mengenai manfaat lidah buaya yang telah terbukti berkhasiat untuk kecantikan. Tak hanya sering diaplikasikan sebagai masker kulit, lidah buaya bisa menjadi bahan ampuh usir masalah kulit kepala yang kering. 

Caranya, belah lidah buaya dan ambil daging segar yang memiliki kandungan air. Usapkan secara perlahan pada kulit kepala sampai meresap dan diamkan selama 10 menit. Anda bisa melakukan pemijatan kulit kepala setengah jam dan bilas menggunakan sampo sampai bersih. 

2. Minyak zaitun 

Bahan alami yang telah terbukti bisa mengatasi kondisi kulit kepala Anda adalah minyak zaitun. Kandungan minyak zaitun yang dicampur dengan baking soda bisa mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan berketombe. Cukup oleskan dan pijat sebentar sebelum Anda bilas menggunakan shampo yang cocok hingga bersih. 

3. Yoghurt dan telur 

Bahan alami yang bisa mengatasi kulit kepala Anda yang kering adalah yoghurt dicampur dengan telur. Langsung oleskan kedua campuran pada kulit kepala Anda, lakukan pemijatan dan biarkan selama 10 menit. Anda bisa langsung membersihkan sisa bahan yang menempel di kulit kepala dengan sampo yang sesuai kondisi rambut. 

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan bahan yoghurt untuk mengatasi kulit kepala adalah tidak menggunakan yoghurt yang mengandung gula. 

Gunakan produk yoghurt plain atau yoghurt murni, ya! Yoghurt dan telur bisa mengatasi masalah peradangan kulit kepala yang kering dan mengelupas. Selain itu, yoghurt bisa melindungi kulit kepala dari pengaruh radikal bebas yang berbahaya. 

4. Alpukat 

Anda suka makan buah alpukat yang bertekstur lembut? Tak hanya enak saja, alpukat bisa menjadi produk terbaik untuk mencerahkan kulit, lho! Ya, kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada alpukat bisa menjadi bahan masker kulit dan rambut alami. 

Anda hanya perlu melumatkan buah alpukat dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Oleskan pada seluruh permukaan kulit kepala kering dan lakukan pemijatan setidaknya 10 menit. Kalau Anda rutin menggunakan masker alpukat, maka kulit kepala bisa kembali sehat dan rambut terlihat lebih bersinar. 

5. Pisang

Tahukah Anda bahwa pisang mengandung zat antimikroba yang efektif untuk menjaga kulit kepala tetap sehat? Sebaiknya manfaatkan buah yang kaya potasium ini, ya! 

Anda hanya perlu melumatkan sebuah pisang sampai halus dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan pada permukaan kulit kepala yang kering dan pijat kurang lebih 10 menit saja. Dijamin kulit kepala Anda bakal bebas dari masalah kering yang memicu ketombe dan rasa gatal berlebihan. 

Beberapa rekomendasi bahan alami yang bisa atasi kulit kepala kering di atas bisa Anda coba sendiri di rumah, ya! Jika kulit kepala masih sering mengelupas dan bermasalah, Anda wajib konsultasi dengan dokter terkait. Dokter akan membantu Anda mengobati masalah kulit kepala yang kering termasuk merekomendasikan produk shampo dan kondisioner yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar