Selasa, 07 April 2020

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Self-Isolation agar Tak Bosan di Rumah

Sumber : mojok.co
Dunia kini dibuat resah dengan kehadiran virus ganas Coronavirus alias Covid-19. Virus ini menyerang saluran pernafasan dan menular dari orang ke orang. Penyebarannya sangat cepat dan telah memakan banyak korban jiwa. Karena itulah pemerintah di berbagai negara ada yang melakukan lockdown total atau sebagian.
Di Indonesia, kita tidak melakukan lockdown, tapi sangat dihimbau untuk melakukan karantina alias self-isolation untuk menghentikan penyebaran virus. Berbagai seruan dan tagar pun digalakkan, mulai dari social distancing, self-isolation, #stayhome, dan #dirumahaja. Jika di rumah saja tentu kamu akan merasakan bosan, bukan? Padahal ada banyak hal yang bisa kamu lakukan atau mainkan ketika mengisolasi diri di rumah. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.
1. Main board games
Sumber : tentik.com
Kapan kamu punya waktu untuk main board games? Dan kapan terakhir kali kamu memainkannya secara nyata (bukan board games virtual)? Dulu sebelum ada komputer dan gadget, board games alias permainan di atas papan sangatlah populer di kalangan anak-anak dan remaja. Ada banyak sekali pilihannya, dari yang serius seperti catur, yang seru seperti monopoli, yang klasik seperti halma atau ular tangga, atau yang kekinian seperti A Game of Thrones.
2. Main fidget spinner
Sumber : youtube.com
Tahukah kamu, fidget spinner memiliki bahasa awam yaitu, pemintal gelisah karena permainan sederhana ini didesain khusus untuk menghilangkan stres dan melawan depresi. Self-isolation tentu bisa bikin jenuh, apalagi kalau sampai berhari-hari. Fidget spinner bisa sedikit meredakan tingkat stres. Permainan ini bisa meredakan gelisah, tekanan, dan membantu orang-orang yang memiliki masalah dengan fokus.
3. Aquascaping
Sumber : aquarium.info
Aquascape adalah seni menata alam di akuarium. Elemen-elemen alam yang bisa dipakai antara lain tanaman akuatik, tanah, pasir, batu, kayu, dan lain sebagainya. Menata aquascape butuh skill dan pengalaman, tapi juga bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk menciptakan aquascape yang bagus. Kamu bakal lupa deh kalau sekarang kamu sedang self-isolation!
4. Berkebun
Sumber : tirto.id
Selama kamu berkebun sendirian atau ditemani orang rumah di halaman rumahmu sendiri, kamu aman. Berkebun bagus dan bisa menyehatkan fisik serta mental. Kamu bisa membuang jauh-jauh pikiran suntuk karena mengurung diri. Kamu bisa menata ulang pot-pot tanaman atau bahkan merombak total kebun mini di rumah.
5. Masak
Sumber : dream.co.id
Kamu harus punya daya tahan tubuh yang bagus untuk menghadapi wabah Corona, karena itu kamu harus makan makanan yang bergizi tinggi. Tak perlu beli di luar. Demi meminimalisir resiko, kamu sebaiknya masak sendiri. Kapan lagi kamu punya waktu untuk masak dengan tenang, mencoba berbagai macam resep yang ingin kamu kuasai? Inilah saatnya.
6. Olahraga indoor
Sumber : idntimes.com
Karena kamu juga harus menjaga kesehatan, olahraga harus tetap dilakukan walaupun itu indoor. Kamu bisa melakukan yoga atau senam. Tak punya mentor? Ada YouTube kan? Karantina jangan dipakai untuk tidur-tiduran saja, kamu juga perlu gerak agar stamina tetap fit dan bugar. Manfaatkan waktu karantina ini sebaik-baiknya agar kamu bisa berolahraga dan melatih fisikmu.
Intinya, jangan sampai kamu merasa bosan dan lelah selama masa self-isolation ini. Kamu harus tetap bugar dengan berolahraga, makan makanan bergizi, dan menghibur diri agar tidak depresi. Dan bila wabah ini sudah menghilang sepenuhnya, maka kamu bisa mulai melakukan aktivitas normal lagi di luar rumah. Stay safe dan stay home ya, guys!

0 komentar:

Posting Komentar