Kamis, 02 April 2020

Berita Corona di Indonesia: Pulau Madura Cukup Aman, Tetap Waspada


Beberapa wilayah Jawa Timur sudah banyak yang terindikasi dengan pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan propinsi Jawa Timur berstatus sudah sangat merah. Berita corona di Indonesia banyak yang mengabarkan bahwa status ini hampir mirip dengan wilayah Jakarta. Kendati demikian, pulau Madura yang bagian dari Jawa Timur, masih relatif aman. Namun, tingkat kewaspadaan harus ditingkatkan.

Wilayah Terdeteksi

Sebelumnya pulau yang berada di sebelah timur laut Jawa Timur ini, tidak memunculkan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan belum adanya masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19. Namun seiring berjalannya waktu, pandemi Covid-19 ini ternyata sudah mencapai pulau Madura. Sampai tanggal 30 Maret 2020, pulau Madura mengalami peningkatan pada beberapa wilayah.

Pada kabupaten Bangkalan daftar penduduk yang masuk kategori Orang Dalam Pengawasan atau ODP sebanyak 196 orang. Penduduk yang masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan atau PDP ada 1 orang. Kabupaten ini belum ada yang terkonfirmasi positif Corona. Apabila ada saudara Anda atau kerabat yang sudah terjangkiti, Anda bisa langsung merujuknya pada RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Kab.Bangkalan.

Berikutnya kabupaten Sampang. Di kabupaten ini penduduk yang masuk kategori ODP ada sebanyak 87 orang. Sedangkan yang PDP dan terkonfirmasi belum ada. Jaga terus kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19 dengan menjaga makanan dengan gizi yang cukup. Namun, apabila ada yang terkonfirmasi, Anda bisa langsung merujuk pada rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani Covid-19 yaitu di kabupaten Bangkalan tadi.

Begitu juga dengan kabupaten Sumenep. Penduduk kabupaten ini hanya masuk kategori ODP. Itupun sudah ada 65 orang yang masuk kategori ini. Tidak ada penduduk yang masuk kategori PDP atau terkonfirmasi. Meskipun tidak ada instruksi pada daerah ini untuk karantina wilayah, ada baiknya masyarakat sekitar menyadari akan pentingnya tidak mudik, bepergian dan social distancing.

Berikutnya kabupaten Pamekasan. Daftar penduduk yang masuk kategori atau ODP sebanyak 128 orang. Penduduk yang masuk dalam kategori PDP ada 1 orang. Sedangkan yang sudah terkonfirmasi terjangkiti pandemi Covid-19 ada sudah ada 1 orang. Bagi Anda yang tinggal di pulau Madura, RSUD Syarifah Ambami Rato Ebo Kab.Bangkalan adalah rumah sakit yang ditunjuk untuk penanganan Covid-19. Jadi segera rujuk apabila ada yang terkonfirmasi positif.

Sikap

Beberapa berita corona di Indonesia mengabarkan adanya pertambahan yang cukup masif terhadap perkembangan korban Covid-19 pada pulau ini. Tetap waspada bagi Anda yang berada pada wilayah ini. Bagi Anda yang di luar pulau, lebih baik tidak usah ke pulau Madura jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Jangan lakukan mudik atau pulang kampung terlebih Anda yang dari kota Surabaya.

Pasalnya, Anda yang telah menginjakkan kaki pada kota Surabaya akan berisiko terhadap penyebaran Covid-19. Selain itu jangan terlalu percaya dengan berita-berita palsu atau hoax, jangan mudah panik, atur jarak, hindari salaman, jika terindikasi pakai masker dajn jaga kebersihan selalu.

Kenali Gejala

Anda sepatunya juga menyadari terhadap gejala-gejala yang ditimbulkan. Memahami gejala Covid-19 bisa cepat dirujuk ke rumah sakit dan segera dirawat apabila Anda terkonfirmasi positif. Gejalanya adalah demam dengan suhu 38o ke atas seringkali diikuti dengan  gejala sakit kepala. Selain itu, batuk kering tidak serak atau dahak secara berulang-ulang.

Hal ini bisa menandakan adanya infeksi aktif di paru-paru. Jika sudah berkembang dan besar di paru-paru, maka fungsi paru-paru menurun sehingga dapat menyebabkan sesak nafas pada penderitanya. Berikutnya yaitu sakit tenggorokan. Adanya infeksi yang disebabkan Covid-19, akan menjalar melalui jalur pernafasan sehingga dapat mengakibatkan radang pada tenggorokan dan rasa nyeri saat menelan.

Jika sudah menyebar, akan berdampak ke seluruh badan dan menguras energi sehingga penderitanya akan merasakan lemas. Oleh sebab itu, jika pemerintah pusat menghimbau berbagai kebijakan dan instruksi kebaikan melalui https://www.cekaja.com/info/covid-19-updates/, ada baiknya mengikuti. Tetap di rumah dan jaga jarak juga merupakan upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19.  

0 komentar:

Posting Komentar