Jumat, 03 April 2020

Apa Bedanya Modem dengan Router?


Pada dasarnya wi-fi dapat bekerja dengan cara memanfaatkan gelombang radio maupun tanpa kabel sebagai salah satu penghantarnya. Ada tambahan dari perangkat elektronik yang mendukungnya dan hal ini berfungsi sebagai modulator demodulator. Sementara untuk modem wifi itu sendiri mempunyai fungsi sebagai modulator demodulator.

Sinyal yang berbentuk digital dihasilkan dari komputer yang dialihkan pada isyarat berbentuk gelombang. Tujuannya yaitu supaya bisa dikirimkan dengan cara melalui saluran telepon. Hal ini pun juga berlaku sebaliknya. Kehadiran modem wi-fi memang tidak asing bagi diri seseorang menggunakan modem. Dengan adanya modem inilah, maka proses menjelajahi internet bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Terkadang ada beberapa masyarakat yang belum bisa membedakan antara modem dengan router. Padahal keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Ketidaktahuan tersebut memang dianggap sebagai hal yang wajar, karena modem memiliki bentuk yang hampir sama dengan router. Sementara untuk keduanya memiliki fungsi yang tidak sama.

Untuk bisa membedakan di antara keduanya tentunya Anda tidak hanya melihat dari segi bentuk fisiknya saja. Akan tetapi juga harus memahami dari segi fungsinya. Bagi diri seseorang yang tidak mengetahui teknisi komputer memang seringkali sulit membedakan. Akan tetapi berikut ini ada  beberapa informasi yang memudahkan Anda supaya membedakan antara modem dengan router, diantaranya:

• Modem hanya akan mengirimkan data maupun menerima melalui sambungan telepon. Sementara router mempunyai fungsi mengarahkan data supaya menuju ke jaringan.
• Modem hanya dapat digunakan dalam berkoneksi pada 1 maupun beberapa laptop atau komputer dengan bantuan OS atau software. Sementara untuk router dapat dihubungkan pada beberapa komputer cukup dengan menggunakan wi-fi.
• Perangkat keras modem hanya akan membutuhkan koneksi internet akan tetapi untuk router tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali.

Masih ada beberapa perbedaan yang bisa Anda lihat sendiri melalui www.smartfren.com  antara modem dengan router. Untuk perbedaan tersebut memang cukup signifikan. Apabila diperhatikan dengan baik dari beberapa sisi termasuk dari sisi fungsinya. Dengan mengetahui masing-masing perangkat keras tersebut maka Anda bisa membedakan antara modem dengan router sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika membedakan di antara keduanya.

0 komentar:

Posting Komentar