Kamis, 19 Maret 2020

Begini Cara agar Rambut Lemas Menggunakan Bahan-Bahan Alami


Perawatan rambut dapat dilakukan melalui salon bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Perawatan rambut di salon pada umumnya menggunakan obat-obatan khusus rambut dengan formula tertentu. Cara agar rambut lemas mudah dilakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ini.

1. Buah Alpukat

Memiliki rambut yang sehat dan alami adalah impian kebanyakan orang. Demi rambut yang lembut banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan rambut. Padahal bahan-bahan alami dapat dimanfaatkan untuk melembutkan rambut Anda.

Buah Alpukat adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda. Kandungan lemak yang terdapat di dalam buah alpukat mampu memenuhi kebutuhan rambut dengan berperan sebagai pelembab alami. dengan kandungan tersebut buah alpukat juga dapat membantu Anda untuk mencegah masalah rambut kering dan rambut bercabang.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah pilih buah alpukat yang sudah matang. Blender daging buah bersama dengan air secukupnya. Kemudian gunakan adonan sebagai masker, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

2. Madu 

Madu memiliki kandungan zat yang kompleks di dalamnya. Sudah sejak lama bahan ini dijadikan untuk perawatan tubuh. Mulai dari perawatan muka, hingga lulur badan.

Madu juga dapat membantu Anda untuk menjaga kelembaban rambut Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengoleskan madu ke seluruh bagian rambut, diamkan beberapa saat lalu bilas rambut dengan air hangat. Sebaiknya sebelum melakukan treatment ini Anda keramas terlebih dahulu.

3. Kemiri

Kemiri merupakan bahan alami yang sejak lama sudah dikenal bagus untuk perawatan rambut. Bahan alami ini baik untuk rambut bayi dan juga rambut orang dewasa. Kandungan minyak yang terdapat di dalam kemiri dapat membantu memperindah sekaligus menjaga kesehatan rambut Anda. 

Selain itu, penggunaan kemiri untuk perawatan rambut dapat menghitamkan, menebalkan, serta melembutkan rambut secara alami. Kemiri yang digunakan untuk perawatan rambut sudah dalam bentuk minyak kemiri. Oleskan minyak kemiri sekaligus lakukan pijatan perlahan hingga kulit kepala, diamkan kemudian bilas dengan air bersih. 

4. Mayonaise 

Tak terduga bukan? Bahan yang biasa digunakan untuk campuran makanan tertentu ternyata mayonaise juga bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda. Gunakan mayonaise sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda setelah keramas. Bahan ini dapat membantu melembabkan rambut, dan melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan bahan kimia. 

Usapkan mayonaise ke seluruh permukaan rambut Anda. Selanjutnya bungkus rambut dengan menggunakan handuk atau shower cup selama 30-60 menit lalu bilas rambut dengan menggunakan air serta shampo hingga rambut bersih kembali. Mayonaise mampu menjaga keseimbangan Ph rambut Anda.

5. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak yang mengandung banyak nutrisi. Nutrisi di dalam minyak kelapa cocok untuk kesehatan rambut. Nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin E dan K, lemak esensial, asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba tertentu. Zat yang terkandung di dalam minyak kelapa terbukti sangat berkhasiat untuk kesehatan rambut.

Langkah menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk melembutkan rambut yaitu usapkan minyak kelapa dari pangkal hingga ujung rambut, pijat perlahan lalu diamkan hingga 10-15 menit. Bilas menggunakan air dan sampo hingga bersih.

6. Jangan Terlalu Sering Keramas

Tidak keramas berlebihan dapat menjaga kelembutan rambut, cucilah rambut seperlunya saja yaitu saat rambut sudah benar-benar kotor. Keramas dengan intensitas terlalu sering bisa membuat batang rambut kehilangan minyak alami. Minyak alami inilah yang berguna untuk menjaga rambut tetap lembut.

Itulah 6 bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan dan dimanfaatkan sebagai cara agar rambut lemas atau lembut. Selain menggunakan bahan alami Anda dapat mengetahui produk perawatan rambut terbaik untuk Anda hanya di tresemme.com.

0 komentar:

Posting Komentar