Minggu, 02 Februari 2020

5 Item Pengisi Kotak Hantaran Seserahan Pernikahan


Anda pasti telah mengetahui bahwa di Indonesia pemberian hantaran seserahan adalah salah satu prosesi yang tidak dapat ditinggalkan menjelang acara pernikahan. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing, misalnya Betawi yang akan pesan roti buaya sebagai salah satu hantaran seserahan. Pada umumnya, hantaran pernikahan diberikan oleh pihak mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai simbol kehidupan sang wanita kelak akan dicukupi seusai resmi menjadi sepasang suami istri.

Pilihan Isi Kotak Seserahan

Isi dari hantaran seserahan sebenarnya tidak ada pakem tertentu, biasanya berisi barang-barang keperluan mempelai wanita yang nanti akan dipakainya. Meskipun demikian, ada beberapa barang yang sebaiknya disiapkan untuk keperluan hantaran. Sementara itu, untuk jumlah kotak seserahan tidak ada ketentuannya (pakem), sehingga bisa disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak. 

Namun pada beberapa tradisi daerah, sebut saja Jawa, umumnya memakai jumlah ganjil (5, 7, 9, 11, dan seterusnya) untuk memberikan kotak hantaran seserahan pernikahan. Berikut ini adalah barang atau item yang biasanya ada dalam hantaran seserahan pernikahan.

1. Makanan dan Buah-Buahan

Hantaran seserahan rasanya tidak lengkap jika tanpa ada makanan dan buah-buahan. Jika Anda orang Betawi, pasti akan pesan roti buaya, karena sudah menjadi salah satu adat daerah tersebut menjadikan roti jenis ini sebagai hantaran seserahan. Betawi memang memiliki tradisi membawa makanan manis untuk hantaran, dengan harapan kehidupan mempelai wanita kelak akan manis pula.

2. Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta yang dimaksud pada tulisan ini adalah busana untuk berpesta, mulai dari kebaya, dress, dan kain lainnya beserta tas, jam tangan, kalung, gelang, dan lain sebagainya.

3. Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga termasuk pada barang yang menjadi salah satu kotak isi hantaran pernikahan. Kotak ini biasanya berisi set lingerie, underwear, dan baju tidur. Untuk pembeliannya, pihak wanita bisa memilihnya sendiri kemudian diserahkan pada pihak pria untuk dihias pada sebuah kotak dan menjadi cantik.

4. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi yang dijadikan sebagai isi hantaran pernikahan biasanya terdiri atas sampo, sabun, shower puff, handuk, serta produk perawatan dan wewangian.

5. Perlengkapan Make Up

Untuk isi hantaran pernikahan yang satu ini, biasanya setiap wanita berbeda-beda jadi akan lebih baik jika mereka memilih sendiri. Alasannya, karena ada banyak itemnya, sehingga belum tentu para pria paham, juga ada brand-brand tertentu yang yang digunakan oleh si wanita. Jika membeli peralatan make up yang tidak disukai atau tidak cocok untuk mempelai wanita, tentu barang tersebut akan menjadi sia-sia.

Itulah lima barang atau item yang menjadi pengisi kotak hantaran seserahan dalam pernikahan. Meskipun tidak ada patokan wajib apa saja yang harus diserahkan, beberapa daerah memiliki adat sendiri-sendiri. Seperti halnya orang Betawi yang akan pesan roti buaya. Untuk kesesuain isi, sang mempelai pria bisa menanyakan atau meminta mempelai wanita untuk memilih sendiri barang hantarannya. Dengan demikian, barang yang dipilih tidak mubazir karena disukai oleh mempelai wanita.

0 komentar:

Posting Komentar