Sabtu, 21 Desember 2019

Begini Cara Jitu Menyimpan Tabungan Pendidikan untuk Anak


Menjadi pasangan baru merupakan masa-masa yang membahagiakan. Apalagi saat Anda mendambakan hadirnya buah hati pada keluarga kecil Anda. Sebagai orang tua pasti Anda mempersiapkan semua hal dengan baik agar si kecil hidup bahagia. Mulai dari memberikan gizi yang cukup, menjaga kesehatannya, dan menyekolahkan si kecil di sekolah terbaik. Namun, dalam hal pendidikan saat ini biayanya cenderung tidak murah. Oleh sebab itu, orang tua harus bijak menyimpan tabungan pendidikan anak

Cara Menyimpan Tabungan Pendidikan

Tidak dipungkiri bahwa semakin tahun biaya pendidikan semakin mahal. Ini menjadi PR tersendiri bagi para orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Meskipun si kecil masih jauh dalam menempuh pendidikan, setidaknya Anda telah mempersiapkannya sejak dini. Akan tetapi menyimpan tabungan pendidikan ini tidak bisa dibilang mudah, Anda harus memiliki strategi yang tepat agar dana pendidikan anak bisa benar-benar disimpan dengan baik.

Berikut cara-cara yang bisa Anda terapkan.

1. Menetapkan Masa Menabung

Saat menyiapkan dana pendidikan untuk anak, Anda sebaiknya membuat perhitungan atau perkiraan kapankah dana itu nantinya akan digunakan. Apakah untuk jenjang pendidikan saat SD, SMP, SMA atau kuliah. Dengan demikian Anda memiliki gambaran perihal masa menabung yang akan dilakukan.

2. Hitung Jumlah Tabungan Pendidikan

Selanjutnya Anda perlu memperkirakan berapa kira-kira biaya dana tabungan pendidikan yang dibutuhkan. Jumlah pendidikan setiap anak biasanya berbeda, sehingga Anda perlu berdiskusi dengan pasangan Anda dalam memutuskan berapa jumlah tabungan yang diperlukan. Karena biaya dana pendidikan anak tidak hanya berkisar tentang biaya pendidikan saja, namun Anda harus memikirkan juga biaya kehidupan sehari-harinya.

3. Sisihkan Bukan Sisakan

Apabila selama ini Anda terbiasa menabung untuk dana darurat saat akhir bulan, yang artinya dana yang disimpan tersebut adalah dana sisa, maka mulai hari ini disiplinkan diri untuk menyisihkan dana khusus pendidikan anak di awal bulan. Menyimpan uang sisa akhir bulan untuk tabungan pendidikan anak sangat tidak efektif karena pada prosesnya Anda belum tentu memiliki uang saat memasuki akhir bulan. 

Oleh karena itu, jika Anda bekerja sebagai pekerja tetap, silakan sisihkan uang setiap awal bulan. Mintalah pasangan untuk mengingatkan apabila Anda lupa menyisihkannya.

4. Mengatur Budget Bulanan

Ketika Anda sudah mulai menyisihkan uang untuk dana tabungan pendidikan, selanjutnya Anda bisa memutuskan berapa uang yang akan Anda sisihkan. Utamakan membayar uang cicilan rutin seperti asuransi kesehatan terlebih dahulu, selanjutnya sisihkan uang untuk dana tabungan pendidikan Anda.

Demikianlah cara jitu menyimpan dana tabungan pendidikan anak. Merencanakan untuk menyimpan dana tabungan anak, secara tidak langsung Anda telah menyelamatkan masa depan pendidikan anak Anda. Dengan tabungan ini kemungkinan besar anak Anda dapat mengenyam pendidikan hingga jenjang perkuliahan. Sebagai orang tua pun Anda pasti merasa bangga dengan anak yang mampu kuliah di universitas terbaik. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar