Sabtu, 03 Agustus 2019

5 Pertimbangan Penting dalam Memilih Rumah Sakit untuk Berobat


Rumah sakit pada dasarnya adalah salah satu layanan atau fasilitas umum penting yang harus ada di setiap daerah. Karena faktanya semua orang memiliki resiko untuk sakit dan ketika sakit maka harus mendapatkan pelayanan medis yang memadai supaya nantinya bisa sembuh. Di kawasan Jakarta sendiri ada begitu banyak diantara pilihan rumah sakit terbaik untuk berobat, salah satu diantaranya adalah RS. Premier Bintaro, bahkan ini termasuk salah satu rumah sakit dengan perlengkapan atau fasilitas medis bertaraf internasional yang ada di Jakarta.

Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya biaya untuk berobat tidak dapat dikatakan murah, untuk itu ada baiknya bagi Anda sekarang juga untuk mulai mempersiapkan dana berobat. Diantaranya adalah dengan membuat asuransi kesehatan atau paling tidak adalah BPJS kesehatan yang ditawarkan oleh pemerintah. Dengan membayar preminya secara ruin setiap bulan, maka nantinya Anda bisa mengajukan klaim ketika membutuhkan biaya pengobatan dengan mengandalkan asuransi tersebut. Paling tidak untuk jenis-jenis penyakit tertentu yang membutuhkan biaya berobat yang agak mahal, maka Anda bisa agak diringankan biayanya.

Apalagi yang dinamakan sebagai penyakit tidak dapat diprediksi kapan datangnya, apakah itu dalam kondisi keuangan yang cukup stabil ataukah tidak. Namun pastikan juga Anda tidak asal di dalam memilih rumah sakit untuk berobat ini, carilah yang terbaik, berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

• Pastikan mereka memiliki fasilitas pengobatan yang lengkap, ini penting sekali karena bagaimana pun sering kali saat seseorang mengalami masalah kesehatan tertentu dab RS premier bintaro tersebut tidak memiliki fasilitas penunjang pengobatan yang memadai, maka harus dirujuk ke rumah sakit yang lainnya, dibandingkan harus bolak-balik maka carilah yang fasilitasnya lengkap.

• Memiliki banyak tenaga medis dan juga dokter spesialis, selain itu pertimbangan yang tidak kalah penting lainnya adalah keberadaan dari tenaga medis yang ada disana, apakah banyak dan cukup untuk memberikan pelayanan terbaiknya pada pasien atau tidak. Untuk beberapa jenis penyakit tertentu tak jarang juga membutuhkan pelayanan dari dokter spesialis yang ahli.

• Layanan yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya adalah pasien yang butuh fasilitas pengobatan yaitu cuci darah atau hemodialisis, tak semua rumah sakit nyatanya menawarkan layanan pengobatan tersebut karena ketersediaan medis hemodialisis. Jadi cek terlebih dahulu apakah rumah sakit yang bersangkutan memiliki layanan sesuai kebutuhan Anda ataukah tidak.

• Menjadi rekan dengan beberapa perusahaan asuransi kesehatan jugs, khususnya yang Anda gunakan, ini juga sangat penting untuk dilihat, apalagi bagi Anda yang pada dasarnya ingin memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan di dalam pembiayaan berobat. Karena tak semua perusahaan asuransi bekerjasama dengan rumah sakit rumah sakit tertentu, jadi harus pilih yang sudah menjadi rekanan mereka.

• Ada transparansi biaya, sehingga nantinya Anda bisa jauh lebih mudah di dalam mengajukan pertanyaan terkait dengan besarnya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan, sehingga nantinya juga akan mempermudah dalam pembayarannya. Bila memungkinkan maka bisa meminta copyan mengenai tarif atau besaran biaya untuk pengobatan di rumah sakit tersebut. Adanya transparansi ini tentunya akan memperjelas dan tidak perlu curiga terkait dengan keuangan untuk pengobatan yang dikeluarkan tersebut.

Di samping beberapa hal di atas yang tak kalah penting adalah melihat dari reputasi rumah sakit tersebut. Mungkin Anda pernah melihat di surat kabar atau pemberitaan bahwa ada tindakan malpraktek dan sejenisnya di rumah sakit yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar