Sabtu, 01 Juni 2019

Ikuti 5 Tips Ini Agar Mukena Tidak Mudah Bau dan Berjamur


Apa yang Anda lakukan di dunia ini tentu saja semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Banyak bentuk ibadah yang bisa Anda lakukan salah satunya yaitu dengan solat. Untuk melaksanakan ibadah yang satu ini, tentunya Anda membutuhkan beberapa peralatan ibadah agar sholat bisa lebih khusyu’ dan afdhol. Salah satu peralatan solat yang biasa digunakan oleh para muslimah yaitu mukena. Mukena membantu Anda para muslimah untuk menutup aurat saat solat.

Mukena merupakan salah satu pakaian panjang yang biasa digunakan solat oleh para muslimah. Bentuk dari mukena itu sendiri menutupi seluruh bagian tubuh kecuali tangan dan wajah. Motifnya pun beragam, mulai dari motif putih polos, hingga berbagai macam motif seperti bunga-bunga. Dengan adanya berbagai macam motif tersebut, maka mukena terlihat menjadi lebih indah dan cantik sehingga bisa membuat solat menjadi lebih bersemangat.

Dengan pemakaiannya yang cukup sering, maka tak jarang mukena menjadi kotor dan berbau. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh sisa-sisa air yang menempel saat berwudhu pada bagian wajah mukena. Dengan begitu, mukena pun akan  terdapat bintik-bintik hitam akibat jamur dan terlihat sangat kotor. Biasanya, jika sudah seperti itu, maka noda-noda atau bintik-bintik hitam tersebut sulit unutk dibersihkan sehingga mukena Anda tidak akan terlihat cantik.

Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat peralatan ibadah yang satu ini. Pada saat beribadah, tentu perlengkapan yang dipakai pun harus bersih dan terbebas dari kotoran najis. Berikut ini adalah beberapa tips agar mukena tidak bau dan berjamur.

1. Tidak menggunakan mukena saat wajah atau rambut basah
Hal pertama yang bisa Anda lakukan yaitu tidak menggunakan mukena saat rambut atau wajah dalam kondisi basah. Hal tersebut hanya akan memicu tumbuhnya jamur sehingga mukena menjadi bau dan kotor. Sebaiknya Anda mengeringkan rambut Anda terlebih dahulu atau mengelap wajah Anda sebelum memakai mukena.

2. Mencucinya dengan air dingin
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mukena umumnya terbuat dari katun. Bahan katun ini sangat mudah terkena jamur dibandingkan dengan bahan lainnya. Untuk itu, Anda harus selalu mencuci mukena Anda menggunakan air ingin dan segera dikeringkan di bawah sinar atahari langsung. Hal ini dilakukan agar mukena tidak bau apek dan berjamur.

3. Menggunakan pelicin pakaian
Agar mukena Anda tidak terkena jamur, maka Anda disarankan untuk menggunakan pelicin pakaian saat menyetrikanya. Hal ini dilakukan agar mukena menjadi lebih lembut dan terhindari dari jamur. Beberapa pelican umumnya memiliki kandungan anti jamur dan bakteri sehingga langkah yang satu ini sangat disarankan.

4. Simpanlah di tempat yang sejuk
Menimpan mukena di tempat yang sejuk bisa meminimalisir tumbuhnya jamur. Jangan menyimpan mukena di dalam lemari atau tempat lainnya yang terkena sorotan sinar matahari. Hal tersebut hanya akan membuat mukena menjadi lembab dan memicu tumbuhnya jamur di sekitaran bagian kepala dan bagian-bagian lainnya.

5. Tidak menunda mencuci mukena
Jika mukena sudah kotor, maka Anda harus segera mencucinya. Jika Anda menunda-nunda untuk mencucinya, maka kotoran akan menempel lebih lama sehingga sulit untuk dibersihkan, apalagi jika sampai menimbulkan jamur. Untuk itu, sempatkan untuk mencuci pakaian yang satu ini agar Anda bisa beribadah dengan nyaman.

Demkianlah beberapa tips agar mukena Anda tidak mudah bau dan berjamur. Selalu jaga kebersihan peralatan ibadah agar Anda bisa beribadah lebih khusyu dan nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar