Sabtu, 25 Mei 2019

Tips Melahirkan Normal Lancar dan Cepat Tanpa Jahitan


Kelahiran sang buah hati merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu. Namun rasa sakit dan berbagai macam hal dalam proses persalinan terkadang membuat ibu menjadi sedikit khawatir. Berikut ini adalah beberapa tips melahirkan normal lancar dan cepat tanpa jahitan.

Alasan Penjahitan
Proses persalinan nomal, area perineum atau dinding antara vagina dan anus mampu meregang saat bayi lahir. Namun elastisitasnya memiliki batasan sehingga terkadang menyebabkan robek di area tersebut. Tidak semua perineum yang robek butuh jahitan untuk pemulihan. Proses penjahitan ini membantu proses penyembuhan lebih cepat.

Selain kondisi normal, robeknya perineum yang disengaja oleh dokter (epistomi) juga memerlukan jahitan untuk menutupnya. Seorang ibu yang petama melahirkan pasti akan lebih senang jika tidak mendapatkan jahitan tersebut karena rasa sakit dan butuh perawatan ekstra. Kali ini kita akan membahas tips melahirkan normal lancar dan cepat tanpa jahitan.

Menerapkan Pola Hidup Sehat
Menerapkan pola hidup sehat memungkinkan tubuh terbebas dari berbagai masalah kesehatan termasuk masalah pada saat proses persalinan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa melahirkan secara normal tanpa jahitan. Pertama pastinya mengatur pola makan yang sehat dan vitamin yang cukup sesuai kebutuhan, untuk mengoptimalkan kulit dan jaringan.

Pola hidup yang kedua adalah berolahraga. Biasakan melakukan olahraga untuk ibu hamil dan senam kegel untuk membanguntubuh yang kuat, teruatama pada bagian panggul. Selain aktivitas fisik, bagi ibu hamil stress sangat berpengaruh pada bebagai hal termasuk proses melahirkan. Oleh karena itu relaksasi pada masa kehamilan sangat membantu proses persalinan nanti.

Lakukan lah pijatan pada bagian perineum secara rutin dua kali seminggu. Gerakan pemijatan pada jaringan tersebut akan membuatnya lebih fleksibel. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan melahirkan normal tanpa jahitan. Pijat perineum dapat Anda mulai sejak usia kehamilan 34 minggu.

Menjaga Perineum Tetap Hangat
Kondisi hangat membuat otot sekitar perineum menjadi lebih lemas atau fleksibel dan aliran darah meningkat. Menempatkan handuk hangat di sekitar perineum dapat memngurangi resiko robek perineum. Hal ini memang jarang dilakuan tapi cara ini sebenarnya cukup efektif.

Memerhatikan Posisi Melahirkan
Posisi saat melahirkan sangat berpengaruh terhadap kecepatan, durasi kontraksi, termasuk kemungkinan robekan di perineum dalam proses persalinan. Beberapa yang bisa Anda lakukan adalah berbaring dengan posisi miring, duduk, atau berlutut dengan meletakan kedua tangan kea rah depan di antara paha.

Mengatur Penafasan Saat Melahirkan
Dokter atau bidan yang membantu persalinan akan memberitahu kapan Anda harus mengejan, biasanya saat kontraksi datang. Saat kontraksi datang mengejanlah sekuat tenaga dengan benar. Ketika kepala bayi sudah mulai muncul, umumnya Anda akan diminta berhenti mengejan dan mengambil beberapa nafas pendek yang dikeluarkan lewat mulut.

Hal tersebut akan mengakibatkan kepala bayi keluar dengan lembut dan perlahan, sehingga otot kulit dan perineum dapat meregang secara lembut dan alami tanpa robek. Lakukan lah semua instruksi dokter atau bidan untuk kelahiran yang lebih lancar.

Itulah beberapa tips melahirkan normal lancar dan cepat tanpa mengalami robek perineum. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Berbagai Artikel tentang kehamilan dan informasi seputar parenting dapat Anda baca di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar