Rabu, 24 April 2019

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Seorang Investor Pemula


Saat ini, setiap orang bisa menjadi seorang investor. Karena, melakukan investasi tidak lagi sulit dan bisa dilakukan oleh seorang investor pemula sekalipun. Namun, menjadi investor pemula bukanlah hal yang mudah. Sebab, jika Anda belum pernah mengetahui apapun seputar dunia bisnis dan investasi, Anda perlu berhati-hati saat akan menjalani investasi. Sebagai investor pemula, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut agar bisa meraih keuntungan.

Memilih Skema investasi yang cocok
Ada beragam skema investasi yang bisa Anda pilih sebagai investor. Namun, jika Anda merupakan seorang pemula, maka sebaiknya pilihlah skema investasi yang ramah untuk pemula. Pilihlah investasi yang praktis dan mudah untuk dijalani. Anda juga perlu memilih skema investasi yang menjanjikan imbal hasil pasti agar tidak kesulitan untuk mengelola portofolio investasi sehari-hari. Salah satu skema investasi yang cocok untuk pemula dan bisa Anda pertimbangkan adalah peer to peer lending Mekar.

Tidak tergiur dengan imbal hasil tinggi
Setiap investor baru tentu ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari aktivitas investasi yang dijalaninya. Namun, seorang investor pemula harus sadar bahwa dibalik imbal hasil yang tinggi terdapat risiko yang tinggi pula. Ketika ditawari suatu peluang investasi baru yang menjanjikan imbal hasil tinggi, Anda perlu meneliti kembali darimana keuntungan berasal. Sehingga, sebagai investor baru Anda tidak akan terkecoh dengan investasi yang tinggi risiko karena bisa membawa kerugian di masa yang akan datang.

Tidak terpaku pada satu skema investasi
Mayoritas investor pemula seringkali merasa nyaman saat berhasil menjalankan investasi di suatu platform. Hal tersbut merupakan hal yang wajar namun sebaiknya tidak diteruskan untuk jangka waktu yang panjang. Sebab, Anda perlu melakukan diversifikasi aset untuk mengoptimalkan keuntungan investasi sekaligus meminimalisir risiko. Sebab, diversifikasi aset bisa membantu Anda untuk mengalihkan dana ke peluang investasi lain yang lebih menjanjikan sehingga bisa mendapatkan return yang lebih optimal. Selain itu, diversifikasi aset juga berguna untuk mencegah kerugian jika salah satu skema investasi tengah merugi.

0 komentar:

Posting Komentar