Selasa, 05 Maret 2019

Untung Rugi Menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Kredit Tanpa Agunan atau KTA menjadi solusi tepat yang sangat membantu Anda ketika membutuhkan biaya. Sebagai manusia biasa kita memang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kebutuhan hidup yang semakin banyak membuat kita membutuhkan banyak biaya dan akan terus bertambah besar seiring dengan berjalannya waktu.

Manajemen keuangan sangat dibutuhkan agar semua kebutuhan bisa tercukupi dengan baik. Namun terkadang walaupun sudah melakukan manajemen finansial dengan maksimal tetap saja uang yang dimiliki masih tidak bisa mencukupi. Kalau sudah terjadi hal seperti ini, maka Anda bisa mengambil alternatif lain yaitu mengajukan pinjaman.

Saat ini, mendapatkan pinjaman uang tidak lagi sulit. Bahkan banyak fasilitas pinjaman online yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat, namun harus sangat hati-hati. Penawaran pinjaman ada dimana-mana dan memudahkan siapapun yang sedang membutuhkan bantuan dana kapan saja dimana saja.

Kelebihan KTA
Ada banyak jenis program pinjaman yang bisa Anda dapatkan saat ini. Salah satu jenis program pinjaman yang bisa Anda dapatkan adalah pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan. Kita biasa menyebutnya dengan KTA atau kredit tanpa agunan dan program pinjaman ini sangat populer di kalangan masyarakat karena dinilai sangat menguntungkan.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh program KTA ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dari program KTA yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan :

1. Praktis dan Mudah
Sesuai dengan namanya, program pinjaman ini tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Jadi, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa harus memberikan apapun sebagai penjamin. Meskipun tidak harus menggunakan jaminan, namun Anda tetap memiliki kewajiban untuk membayar angsuran secara tepat waktu.

2. Penggunaan yang Lebih Fleksibel
Uang yang Anda dapatkan dari KTA bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan uang dari KTA ini lebih fleksibel dari pinjaman lain yang membutuhkan agunan atau jaminan. Anda bahkan bisa menggunakan uang ini untuk keperluan konsumtif. Tidak ada aturan yang membatasi penggunaan uang hasil pinjaman dari program KTA.

3. Proses Cepat
Selain mudah diajukan, ternyata pinjaman KTA juga membutuhkan proses yang tidak lama sampai Anda bisa mendapatkan uang pinjaman. Proses pengajuan bisa berjalan cepat dan mudah sehingga cocok sekali bagi Anda yang membutuhkan dana secara mendadak karena keperluan yang sifatnya mendesak.

Secara garis besar, memang benar bahwa pinjaman KTA sangat menguntungkan. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati dari program pinjaman ini. Namun, sebelum mantap mengajukan pinjaman KTA Anda juga tetap harus memperhatikan apa saja kerugian yang mungkin harus Anda tanggung. 

Kekurangan KTA
Meskipun banyak kelebihan KTA yang bisa menguntungkan Anda, namun ada juga kekurangan KTA yang mungkin dapat merugikan. Hal ini harus Anda pertimbangkan dengan baik agar tidak ada penyesalan di kemudian hari setelah Anda selesai mengajukan pinjaman.

Program kredit tanpa agunan mungkin memang mudah dan menguntungkan namun pada beberapa sisi juga ada hal-hal yang akan merugikan. Berikut adalah beberapa kekurangan program KTA yang mungkin bisa merugikan diri Anda sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengambil KTA:

1. Bunga Tinggi
Perlu diketahui bahwa ketika kita mengajukan pinjaman, tentu kita harus mempertimbangkan jumlah bunga yang harus dibayarkan. Program KTA mungkin sangat mudah untuk didapatkan, namun Anda harus tahu bahwa pinjaman jenis ini memiliki suku bunga yang nilainya relatif tinggi. Jadi, coba pikirkan kembali apakah Anda sanggup membayar bunga tersebut atau tidak.

2. Plafon dan Tenor Terbatas
Ketika mengajukan pinjaman, biasanya Anda akan diberikan pilihan plafon dan tenor pinjaman. Untuk jenis pinjaman KTA, pilihan plafon dan tenor yang diberikan untuk Anda sangatlah terbatas. Biasanya uang yang bisa Anda pinjam tidak lebih dari Rp 300 juta dan waktu pelunasannya juga sangat terbatas.

3. Bergantung pada Penghasilan
Jenis pinjaman KTA ini diberikan berdasarkan pekerjaan atau jumlah penghasilan Anda. Jadi, ketika mengajukan pinjaman Anda harus menunjukkan bukti penghasilan dan keterangan pekerjaan Anda. Memang tidak ada jaminan yang harus diberikan, namun pekerjaan dan penghasilan Anda yang akan menjadi jaminan bahwa Anda dapat membayar angsuran.

Itulah tadi beberapa kelemahan yang dimiliki oleh sistem KTA. Namun, pilihan kembali lagi kepada Anda. Sistem KTA tetap bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda memang ingin pinjaman yang cepat, praktis, dan fleksibel. Namun, jika Anda merasa ada hal-hal yang merugikan maka Anda bisa beralih ke program pinjaman yang lain.

Hati-Hati Mengambil Pinjaman
Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mantap mengambil pinjaman. Tentu Anda harus memikirkan berapa jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran angsuran yang harus Anda ambil. Sebaiknya, Anda mengajukan pinjaman dengan jumlah dan jangka waktu yang sesuai kemampuan dan kebutuhan. 

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan kondisi finansial Anda setelah mengambil pinjaman. Pastikan bahwa Anda memiliki perencanaan finansial yang tepat sehingga Anda bisa membayar angsuran tepat pada waktunya. Jangan sampai pembayaran angsuran macet di tengah jalan.

Bagi Anda yang tertarik dan memang butuh pinjaman dana, silakan cari tahu lebih jauh lagi tentang program KTA. Anda bisa berkonsultasi dengan orang yang paham tentang untung rugi program kredit tanpa agunan atau kunjungi link https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Selain itu, jangan lupa pastikan Anda mendapat pinjaman dari tempat atau sumber yang terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar