Jumat, 22 Maret 2019

Jangan Panik, Ini 6 Cara Mengatasi Anak Mimisan Paling Mudah


Mimisan merupakan salah satu kondisi di mana hidung mengeluarkan darah secara tuba-tiba. Masalah yang satu ini dapat terjadi pada siapa saja. Namun lebih banyak terjadi pada anak-anak yang berusia 3 sampai 10 tahun. Mimisan juga bisa terjadi akibat beberapa faktor. Jika si kecil alami mimisan, jangan khawatir. Berikut beberapa cara mengatasi anak mimisan

1. Tetap Bersikap Tenang
Jika sang buah hati mengalami mimisan, kebanyakan orang tua pasti akan panik. Bahkan terkadang kondisi yang seperti ini juga membuat kebanyakan orang tua menjadi merasa bingung mengenai bagaimana cara menghentikan mimisan pada sanga buah hati. Halo yang satu ini ternyata merupakan salah satu kebiasaan yang harusnya jangan sampai di lakukan. 

Jika si kecil mengalami mimisan secara tiba-tiba, hal paling utama yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah tetap bersikap tenang dan jangan panik. Dengan sikap yang seperti ini tentunya Anda akan dapat berpikir dengan jernih untuk menemukan dan mencari solusi terbaik mengenai bagaimana cara mengatasi anak mimisan . 

2. Mintalah Si Kecil untuk Duduk Tegak
Jika sang buah hati mengalami mimisan secara tiba-tiba, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meminta si kecil untuk duduk secara tegak. Hal ini bertujuan untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung. Selain itu pastikan untuk menghindari si kecil untuk mendongakkan kepalanya ke atas. Biarkanlah darah tetap mengalir ke bawah. 

Kebanyakan orang tua biasanya salah mengartikan cara menghentikan mimisan pada anak dengan cara mendongakkan kepala ke atas. Namun faktanya cara yang satu ini cenderung salah. Mengapa? Pasalnya mendongakkan kepala ke atas justru akan memperparah keadaan dan dapat membuat darah mengalir ke saluran pernafasan yang dapat membahayakan sang buah hati. 

3. Posisikan Kepala Anak ke Ara Depan
Selama mimisan berlangsung, jika sang buah hati masih kuat untuk duduk tegak, maka pastikan untuk memosisikan kepala si kecil ke arah depan. Pastikan untuk tidak meminta sang buah hati miring ke samping. Pasalnya hal yang satu ini bisa saja membuat darah yang keluar dari hidung menjadi tertelan oleh si kecil. Untuk itu, pastikan selalu posisikan kepala ke depan. 

4. Tutup Bagian Lubang Hidung
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan mimisan pada si kecil adalah dengan menjepit bagian lubang hidung menggunakan ibu jari selama kurang lebih 10 menit. Pastikan untuk memastikan bahwa darah sudah berhenti terlebih dahulu sebelum melepaskan jepitan tersebut. Jika darah tidak sengaja tertelan, maka minta si kecil untuk meludahkannya. 

5. Hindari Bersin
Cara menghentikan mimisan pada si kecil juga sangat penting untuk membuat dua tidak bersin secara berlebihan selama kurang lebih 24 jam ketika darah sudah benar-benar berhenti. Mengapa harus demikian? Pasalnya cara yang satu ini bertujuan untuk menghindarkan si kecil dari terjadinya iritasi pada hidung. Jadi pastikan Anda melakukannya ya. 

6. Memakai Uap Air Panas
Pada umumnya mimisan bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Namun jika mimisan yang terjadi pada si kecil disebabkan karena udara dingin. Maka Anda bisa melakukan penguapan pada hidung untuk menghentikannya. Caranya, Anda hanya perlu menyiapkan air panas pada wadah yang besar. Kemudian dekatkan kepala anak pada wadah dan biarkan ia menghirupnya. 

Nah di atas merupakan beberapa cara mudah mengatasi dan menghentikan mimisan pada anak. Jika sang buah hati sering mengalami mimisan, maka jangan anggap enteng. Pasalnya hal ini bisa menjadi indikasi adanya masalah yang serius pada sang buah hati. Anda juga bisa mendapatkan tips seputar cara mengatasi anak mimisan  lainnya hanya di berfaedah.com.  

0 komentar:

Posting Komentar