Rabu, 20 Maret 2019

Ini Dia Beragam Jenis Suplemen Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui


Ibu hamil membutuhkan makanan dan minuman yang secara kuantitas dan kualitasnya lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Hal ini wajar saja mengingat dalam perut ibu terdapat janin yang sedang tumbuh menjadi bayi. Kebutuhan janin selama dalam kandungan akan diambil dari perut ibu sehingga ibu membutuhkan makanan dan minuman bergizi seimbang dan lengkap dalam jumlah cukup banyak. Ini juga yang menjadi sebab mengapa ibu hamil lebih cepat merasa lapar. Sayangnya tak semua makanan ibu mengandung kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Zat-zat yang paling dirasa kurang dalam makanan sehari-hari namun dibutuhkan dalam jumlah lebih tinggi dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Apa saja jenis suplemen tersebut?

Ada 2 buah suplemen ibu hamil yang populer dan banyak diresepkan oleh dokter kandungan dan kebidanan yaitu:

1. Suplemen zat besi.
Zat besi merupakan zat penting untuk pembentukan sel darah. Sel darah sendiri merupakan bagian tubuh yang berperan aktif dalam metabolisme dan pembentukan jaringan baru. Kekurangan zat besi akan menyebabkan janin tumbuh dengan kurang maksimal hingga menyebabkan anemia bagi ibu dan janin. Tentu saja jika dibiarkan hal ini akan berbahaya karena janin akan mengalami mal nutrisi dan meninggal di dalam. Untuk mengetahui pentingnya zat besi bagi ibu hamil, Anda juga bisa membacanya di situs kesehatan GueSehat https://www.guesehat.com/pentingnya-zat-besi-untuk-kehamilan-dan-mencegah-anemia.

2. Suplemen asam folat.
Asam folat juga penting untuk ibu hamil bahkan calon ibu. Asam folat digunakan tubuh untuk membentuk kandungan yang sehat dan kuat sebagai tempat embrio menempel dan tumbuh menjadi janin kemudian bayi. Dengan pemenuhan asam folat bagi tubuh akan mengurangi resiko keguguran dan bayi lahir cacat terutama di bagian otak dan syarafnya.

Dua suplemen di atas bisa dibeli di apotek ataupun apotek online tanpa menggunakan resep dokter. Meski begitu Anda juga harus menerapkan cara belanja obat aman dengan terlebih dahulu membaca deskripsi suplemen, kegunaan, dosis serta kontra indikasinya agar dapat digunakan dan memberikan manfaat secara maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar