Selasa, 26 Maret 2019

Berikut Beberapa Hal yang Perlu Dilakukan Saat Melakukan Pengobatan Luka Pada Anak


Anak-anak merupakan sosok yang identik dengan keceriaan serta kelincahan dalam diri mereka. Berbagai pergerakan pun banyak dilakukan oleh anak-anak sebagai wujud kelincahan dan ekspresi dalam diri mereka. Mengingat hal inilah sangat wajar jika sering terjadi kecelakaan kecil dalam diri mereka seperti terjatuh ketika berlari ataupun bermain sepeda. Bagi Anda para orang tua, sebaiknya Anda tak perlu panik ketika melihat putra putri Anda terjatuh ketika berlari. Yang perlu Anda lakukan adalah segera menolong mereka dan memberikan semangat agar tidak menangis, dan segera lakukan pengobatan pertama jika memang kejadian jatuh tersebut menimbulkan luka dalam diri putra putri Anda.

Untuk melakukan pengobatan pada luka jatuh yang dialami oleh putra putri Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci luka tersebut dengan menggunakan air mengalir. Selain untuk membersihkan luka dari darah serta kotoran, mencuci luka dengan air mengalir juga ditujukan untuk menghentikan pendarahan yang terjadi pada luka. Setelah mencuci luka dengan air mengalir, maka segera berikan obat luka jatuh pada anak, yang biasanya berupa obat antiseptik luka. Karena dimungkinkan obat ini akan menimbulkan rasa pedih pada luka, maka disarankan Anda untuk mengalihkan perhatian anak agar tidak terkonsentrasi nantinya dengan rasa perih yang timbul. Tiaplah luka yang telah diberikan obat antiseptik tersebut, untuk mengurangi rasa perihnya.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pengobatan luka jatuh, yang antara lain adalah:

  • Pastikan bahwa kondisi tangan Anda dalam keadaan yang steril untuk menghindari terjadinya kontaminasi pada luka yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Hindari menutup luka dengan plester, karena hal tersebut justru tidak akan membuat luka cepat mengering.
  • Segera bawa ke dokter apabila terjadi luka besar atau luka tidak segera membaik.

Selain luka akibat terjatuh, yang tak jarang terjadi pada anak adalah luka akibat terkena minyak panas. Untuk mengatasi masalah tersebut gunakanlah obat luka bakar kena minyak panas alami, yaitu gel lidah buaya. Ambillah daging lidah buaya dan usapkan pada luka uang terkena percikan minyak. Hindari memberikan pasta gigi pada luka tersebut, karena justru akan menimbulkan rasa panas yang berlebih pada luka.

0 komentar:

Posting Komentar