Jumat, 01 Maret 2019

5 Cara Mendeteksi Penipuan saat Belanja Online


Belanja online adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak hanya bagi kaum wanita, para pria juga banyak yang hobi berbelanja online. Bagaimana tidak, online shopping sangat mudah untuk dilakukan. Belum lagi sekarang semakin banyak fasilitas online shopping yang bermunculan dan pilihan produknya juga semakin banyak.

Seiring dengan tingginya minat masyarakat dalam berbelanja online, kini ada semakin banyak toko online bermunculan. Banyak toko online menawarkan aneka jenis produk yang bervariasi. Dengan begitu, semakin mudah bagi kita untuk membeli produk yang kita butuhkan. Sayangnya, hal ini juga membawa pengaruh negatif bagi diri kita.

Banyak sekali kasus penipuan yang terjadi di dunia online shopping. Seperti kita tahu, dengan adanya online shopping kita tak harus pergi langsung tatap muka dengan penjual untuk berbelanja. Kita bisa berbelanja secara virtual dan tak perlu bertatap muka secara langsung dengan penjual. Metode ini meningkatkan kemungkinan terjadi penipuan dan sudah banyak korbannya.

Mendeteksi Penipuan

Belanja online memang sangat asyik untuk dilakukan. Tak perlu kemana-mana dan Anda sudah bisa beli ini itu. Namun, kalau tidak dilakukan dengan hati-hati aktivitas ini bisa menjadikan Anda sebagai korban penipuan. Banyak korban yang sudah transfer uang untuk membeli barang tapi ternyata ditipu dan barang yang dibeli tidak pernah sampai ke tujuan.

Supaya Anda tidak mengalami penipuan yang merugikan semacam ini, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi terjadinya tindak penipuan saat berbelanja online :

1. Tidak Memakai Foto Produk Asli
Jika Anda menemukan toko online yang tidak menggunakan foto produk asli dan sering mencuri foto dari toko online yang lain, maka Anda patut curiga. Sebaiknya tanyakan langsung apakah produk itu memang asli dan mintalah foto asli produk untuk lebih meyakinkan. Tapi jika memang penjual kesulitan memberikan foto asli produk maka silakan pindah ke toko yang lain.

2. Tidak Mengunggah Testimoni
Toko online biasanya akan mengunggah testimoni pelanggan mereka. Jika sebuah toko online jarang atau bahkan tidak pernah mengunggah testimoni pelanggan maka Anda patut curiga. Anda juga bisa membaca isi komentar di postingan toko online tersebut. Jika tidak ada testimoni apapun atau mungkin malah banyak testimoni buruk, segera pindah ke toko yang lain.

3. Nomor Sulit Dihubungi
Ketika melakukan pemesanan secara online, Anda biasanya akan menghubungi penjual lewat nomor Whatsapp. Pastikan bahwa nomor yang diberikan kepada Anda mudah untuk dihubungi dan mendapatkan respon dari penjual dengan baik. Jika nomornya saja sulit dihubungi dan penjual tidak memberi respon dengan lancar, maka Anda patut curiga.

4. Tidak Memberikan Informasi Resi
Penjual tidak memberikan informasi resi atau informasi kapan nomor resi akan diberitahukan. Seharusnya Anda memiliki hak untuk menerima informasi nomor resi. Jika Anda sudah bertanya tapi penjual juga tidak mau memberikan informasi tersebut maka Anda patut curiga bahwa itu adalah tindak penipuan.

5. Penawaran Harga yang Jauh dari Normal
Anda menemukan sebuah toko online yang memberikan penawaran harga jauh dari normal, bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah. Namun, perbedaan harga tersebut mencurigakan misalkan terlalu mahal atau terlalu murah. Anda patut curiga dengan kejanggalan semacam ini.

Itulah tadi beberapa cara untuk mendeteksi adanya tindak penipuan yang sering terjadi di dunia online shopping. Pastikan Anda selalu berhati-hati saat belanja online dan tidak terburu-buru melakukan transfer apalagi jika Anda menemukan hal-hal yang mencurigakan.

0 komentar:

Posting Komentar