Senin, 25 Februari 2019

Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Menggunakan Botol Susu Pada Anak


Penggunaan botol susu pada anak memang sangat wajar sekali, karena si kecil yang masih sulit menggunakan gelas akan lebih mudah jika memakai alat satu tersebut. Tetapi karena penggunaan tersebut, terbentuklah kebiasaan anak selama bertahun-tahun. Yang menjadi masalah, ketika anak sudah mulai tumbuh besar tidak ingin lepas apa yang sudah digunakan lama tersebut. Inilah yang membuat orang tua juga harus memutar otak agar si kecil mau meninggalkan botol susu untuk minum.

Sebenarnya sah saja menggunakan botol susu bagi si kecil, apalagi orang tua sudah membersihkan dengan sabun cuci pembersih botol khusus sehingga aman dari bakteri jahat meskipun sudah berusia lama. Tetapi penggunaan botol yang terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan saraf atau perkembangan anak tidak maksimal. Nah, berikut ini tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah botol susu yang digunakan buah hati tersebut:

1. Biasakan untuk menggunakan cangkir sebagai pengganti botol, jika perlu pilihlah cangkir yang memang lucu sehingga menarik minat anak untuk menggunakan. Secara tidak langsung ini dapat membantu masalah kebiasaan menggunakan botol susu.

2. Menyembunyikan botol dengan alasan hilang ataupun sebagainya bisa Anda pilih selanjutnya, ini diharapkan anak mau menggunakan tempat minum lainnya. Baik berupa cangkir ataupun gelas seperti pada normalnya.

3. Lakukan pergantian botol menjadi gelas secara berproses, artinya sedikit demi sedikit sehingga anak tidak kaget dan langsung dapat memilih untuk menggunakan gelas ataupun cangkir.

4. Jangan pernah lupa untuk selalu memberikan pujian kepada anak ketika mereka berhasil minum tanpa menggunakan botol susu.

Botol susu memang menjadi perlengkapan wajib bagi Anda yang mempunyai anak kecil, hal ini dapat menjadi salah satu solusi ketika di tinggal dan tidak bisa langsung ASI. Tetapi pastikan akan kebersihan botol dengan baik. Produk pembersih untuk anak itu sangat perlu sekali untuk diperhatikan, mulai dari pembersih botol sampai dengan deterjen untuk baju bayi khusus yang aman dan tidak menimbulkan masalah besar. Kesehatan si kecil bisa saja terganggu dari beberapa hal kecil seperti telah disebutkan diatas.

0 komentar:

Posting Komentar