Kamis, 31 Januari 2019

Bingkai Foto ala Batik? Keren Lho dan Layak Dicoba!

sumber : Indonesian.alibaba.com
Apa yang terlintas di pikiranmu waktu mendengar kata batik? Jawa? Baju? Kain? Selendang? Ya, batik memang selama ini identik dengan motif baju tradisional Jawa yang biasanya kita pakai kondangan atau ke acara-acara resmi. Batik juga sudah mendunia lho. Banyak orang-orang asing termasuk tokoh-tokoh besar dunia yang mengenakan batik dalam berbagai acara. Kamu harus bangga lho dengan batik!
Pemerintah menyadari betapa pentingnya warisan nenek moyang kita ini sehingga mereka sekarang menerapkan Hari Batik setiap tanggal 2 Oktober. Tanggal itu sekaligus juga memperingati hari ketika UNESCO mengangkat batik sebagai salah satu warisan budaya dunia lebih tepatnya sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.
Generasi milenial sebagai ujung tombak pewarisan batik pun didorong untuk terus mencintai batik. Desain-desain pakaian batik semakin modern dan cocok dikenakan anak muda sekali pun, bukan cuma oleh orang tua. Batik pun kini bisa dipakai dalam suasana yang lebih santai, tak selalu harus dikenakan dalam acara-acara formal.
Menurut teknik pembuatannya, batik terbagi menjadi tiga, yakni batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Batik tulis dibuat dengan cara yang paling tradisional, yakni dengan tangan dan memakan waktu hingga berbulan-bulan. Batik cap dibuat dengan bantuan alat cap khusus yang biasanya terbuat dari tembaga. Sedangkan batik lukis adalah teknik melukis langsung di atas kain putih. Ini juga teknik yang paling sulit.
Usaha untuk melestarikan batik terus dilakukan oleh semua pihak. Karnaval, fashion show, atau lokakarya bertema batik semakin digalakkan di mana-mana. Ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta pada batik di hati semua orang.
Ngomongin soal batik, tahu nggak sekarang ini sudah ramai pigura alias frame foto motif batik? Sebelumnya kita mengenal aneka macam bingkai foto warna-warni dengan motif-motif lucu. Tapi sekarang motif batik sudah mulai banyak dijual, salah satunya di e-commerce Shopee. Unik dan keren, bingkai foto bermotif batik ini harganya sedikit lebih mahal dibandingkan bingkai-bingkai foto standar warna-warni.
Sebenarnya kamu juga bisa kok membuat sendiri bingkai foto batik. Mudah dan bisa kamu kerjakan dalam waktu singkat asal bahan-bahannya tersedia. Beberapa bahan yang kamu butuhkan antara lain kardus, pensil, penggaris, gunting, lem, dan plastik kaca. Lalu untuk batiknya kamu bisa menggunakan kertas kado bermotif batik.
Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa mulai mengerjakannya dengan cara menggambar bentuk awal bingkai foto sesuai yang kamu kehendaki, biasanya persegi atau persegi panjang. Potong kardus itu sesuatu gambarmu dan ukur agar fotomu bisa muat di dalamnya. Setelah itu lapisi pinggiran kardus tadi dengan kertas kado motif batik. Satukan dengan lem dan tutup bagian depannya dengan plastik kaca. Mudah, murah, simpel.
Ada lagi nih cara keren membuat bingkai foto batik, yaitu dengan menggunakan kayu. Kamu bisa beli kayu sesuai yang kamu inginkan di toko bangunan. Jenis yang paling direkomendasikan adalah kayu solid. Ini adalah bahan paling kuat dan tahan lama. Sangat cocok untuk dijadikan pigura. Bisa juga kamu memakai multipleks alias kayu lapis, MDF, atau kayu partikel. Semua tergantung selera, kebutuhan, dan budget.
Potong material kayu sesuai ukuran bingkai standar. Nah untuk yang satu ini kamu jangan pakai kertas kado, melainkan pakai kain batik asli! Ya, kain batik asli. Jangan khawatir, kamu bisa pakai kain batik dari pakaian bekas yang tidak terpakai. Batik-batik cetak yang dijual di pasaran juga murah meriah kok, nggak perlu pakai batik yang mahal.
Potong kain batik sedemikian rupa dan tutup pinggiran bingkai foto tadi dengan batik. Lekatkan dengan lem, misalnya lem lilin yang daya rekatnya kuat dan cepat kering. Lem Uhu juga bisa dipakai dan pilihan terbaik mungkin adalah lem kayu. Rekatkan yang rapi. Untuk bagian depannya, kamu bisa membiarkannya tetap terbuka atau menutupnya dengan kaca jernih. Tentu saja kamu harus mempersiapkan kacanya terlebih dahulu dan memotongnya sesuai ukuran.
Jadi deh… bingkai foto batik mu yang keren sudah siap dipajang menghiasi dinding rumah. Tertarik mencobanya? Gampang kok!

0 komentar:

Posting Komentar