Kamis, 13 Desember 2018

Begini Pola Asuh Anak yang Baik Agar Anak Dapat Lebih Percaya Diri



Rasa percaya diri pada anak memang berbeda-beda. Untuk menumbuhkannya pun membutuhkan pola asuh anak yang baik. Rasa percaya diri bisa memberikan bekal pada anak untuk menghadapi masa depan nantinya.

Anak yang mempunyai rasa percaya diri rendah biasanya akan menjadi sosok yang pendiam, pemalu, dan kurang aktif di dalam berkomunikasi serta pergaulan. Rasa percaya diri ini tidak bisa muncul dengan sendiri. Karena rasa percaya diri muncul dari interaksi dengan lingkungan sekitar.

Cara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Dengan pola asuh anak yang baik, maka anak bisa lebih percaya diri. Anak bisa lebih berani untuk mengambil keputusan dan menentukan tujuan di masa mendatang. Maka dari itu, orang tua perlu mencari cara agar anak bisa tampil dengan lebih percaya diri. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua agar anak bisa tumbuh dengan rasa percaya diri :

1. Intens berkomunikasi dengan anak

Pola asuh anak yang baik perlu diterapkan semua orang tua. Salah satu hal yang bisa membuat anak kurang percaya diri yaitu tidak berani menceritakan peristiwa yang dialaminya.

Misalnya peristiwa tidak menyenangkan, dibully teman, atau kekerasan fisik yang terjadi di sekolah atau lingkungan bermain.  Tentu sebagai orang tua, Anda mempunyai tugas penting untuk menemukan penyebab yang cenderung membuat anak kehilangan rasa percaya diri yang dimiliki.

2. Ajak anak menemukan kegiatan menyenangkan

Sebagian anak dilahirkan dengan bakat yang sudah dibawa sejak lahir. Misalnya bakat suara indah, bakat bermusik, atau daya imajinasi yang tinggi, dan masih banyak bakat lainnya. Jika anak sudah mempunyai minat dan kesukaan pada suatu hal, baik seni atau akademik. Maka orang tua memiliki kewajiban untuk mendukung dan mendorong anak agar bakat alami yang dimiliki semakin terasah.

Anda bisa membantu anak untuk lebih dekat dengan kegiatan yang menyenangkan. Anak yang mempunyai bakat yang lebih terasah, tentu akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.

3. Tunjukan anak menjadi pribadi yang pemaaf dan tanamkan rasa kasih sayang

Sikap memaafkan harus dipelajari anak sejak dini. Sifat mudah memaafkan akan membantu anak untuk bisa mengendalikan rasa egois dan juga bisa semakin menumbuhkan rasa percaya dirinya. Anda bisa menunjukkan pada anak jika menyayangi sesama menjadi bagian dari pribadi yang pemaaf. Anak yang mempunyai rasa percaya diri tinggi akan lebih cenderung memaafkan.

Karena mereka menyadari jika walaupun ada perdebatan harus tetap diselesaikan dengan cara berunding dan juga kompromi.

4. Bimbing anak untuk membangun hubungan persahabatan dan fokuskan pada cita-cita dan juga keinginan sukses

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan membangun persahabatan dengan teman-teman di sekolah ataupun lingkungan sekitar.

Nilai-nilai yang ada dalam persahabatan bisa membuat anak meningkatkan rasa percaya diri anak. Lingkungan persahabatan bisa menjadi komunitas kecil dimana anak dapat berinteraksi, membangun komunikasi, dan mengembangkan bakat. Persahabatan juga bisa membantu anak untuk lebih fokus pada keinginan dan cita-cita masa depan.

5. Ajarkan anak untuk memantapkan cita-cita

Anak biasanya masih memiliki cita-cita yang berubah-ubah. Walaupun hal ini sebenarnya bukan masalah. Tetapi ada baiknya sebagai orang tua, mulai meyakinkan anak untuk memilih satu cita-cita untuk masa depan.

Bicarakan jika cita-cita adalah tujuan untuk masa depan, sehingga perlu untuk dipersiapkan dari sekarang. Dengan begini, anak akan lebih mantap dengan cita-cita yang dimiliki. Dengan memiliki cita-cita tentu anak akan lebih percaya diri untuk bisa mencapai kesuksesan.

Itu dia beberapa tips untuk para orang tua agar anak bisa lebih percaya diri. Memang pola asuh anak yang baik menjadi hal penting agar anak bisa tumbuh dengan baik sesuai yang diinginkan orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar