Senin, 17 September 2018

Waspadai 5 Benda Penyebab Pipa Air di Rumah Sering Macet


Apakah pipa air di rumah kamu sering macet? Perawatan memang bukan satu-satunya hal untuk membuat pipa bebas macet. Penggunaan setiap hari juga menjadi pengaruh saat pipa tidak lancer. Kamu harus menjauhkan beberapa benda ini dari saluran air agar tidak menyebabkan macet. Berikut beberapa benda penyebab pipa di rumah sering macet.

1. Rambut

Saluran yang sering macet yaitu berada di kamar mandi. Tidak heran jika kamu keramas beberapa rambut akan ikut rontok. Tidak akan jadi masalah jika rambut yang masuk dalam saluran air satu atau dua helai. Namun jika rambut menumpuk dan masuk ke dalam saluran, maka saat itulah pipa di rumah mengalami kemacetan. 

2. Minyak dan lemak makanan

Saluran kedua di rumah yang sering macet berada di dapur. Benda yang menyebabkan saluran macet berasal dari minyak dan lemak sisa makanan atau sisa ikan yang lama mengendap. Maka terjadilah penyumbatan. Peristiwa ini memang tidak bisa dihindari karena tempat ini menjadi khusus cuci piring. 

Namun kamu bisa menekan terjadinya kemacetan karena benda-benda ini dengan memasukkan piring kotor ke dalam container khusus terlebih dulu. Kamu bisa mencuci perabotan jika sudah bebas dari sisa makanan. Cara ini terhitung efektif untuk meminimalisir sesuatu yang menyumbat pipa saluran air.

3. Tisu dan Sejenisnya

Benda berikutnya yang sering membuat pipa air macet yaitu tisu yang mungkin tak sengaja kamu buang. Banyak yang berpikir kalau tekstur tisu yang tipis tidak akan menyumbat saluran. Jika berlangsung terus menerus, tisu dapat mengendap dan menyebabkan macetnya saluran air. Selain tisu, benda kosmetik yang sering menghambat saluran yaitu cutton bud dan kapas.

4. Pembalut wanita

Kebiasaan yang harus segera dihentikan yaitu membuang pembalut ke dalam kloset. Dilihat dari segi ukuran hingga komponen tidak perlu ada penjelasan lagi mengapa pembalut wanita tidak boleh sampai lolos masuk ke toilet atau saluran air lain di rumah. Kamu bisa menyediakan  tempat sampah kecil di toilet rumah untuk mengantisipasi hal ini.

5. Kulit dan Serabut Buah

Setelah mengupas buah-buahan, biasanya seringkali lupa untuk membuangnya dan justru memasukkannya ke saluran westafel. Terkadang malah membiarkan begitu saja hingga sampah menumpuk dan membuat pipa macet. Tidak hanya itu. Serabut pada buah seperti pada jeruk juga turut ambil bagian dalam membuat saluran air di rumah lebih bersih dan rapi.

Pipa air di rumah tidak akan macet jika kamu tahu benda apa saja yang dijauhkan dari saluran air. Selain tindakan tersebut, kamu juga harus memakai pipa yang berkualitas seperti pipa Rucika. Pemilihan bahan ini bertujuan agar pipa bisa tahan lama dan anti bocor.

0 komentar:

Posting Komentar