Selasa, 04 September 2018

Dr Lee Woo Guan, Dokter Spesialis Operasi Bedah Meniskus


Cedera yang sering sekali dialami oleh para atlet adalah sobekan meniskus. Sobekan meniskus lazim dialami oleh para atlet yang sering melakukan olahraga kontak badan dengan gerakan memutar pada bagian lutut. Cedera ini sering terjadi bersama cedera lainnya. Nah, dr Lee Woo Guan merupakan dokter spesial operasi meniskus di Indonesia. 

Apa Itu Sobekan Meniskus?

Sobekan meniskus merupakan sobekan bantalan karet yang sering terjadi di bagian tulang yang terhubung. Tulang rawan pada bagian dalam maupun luar lutut cenderung berbentuk C. Tulang meniskus sendiri berfungsi untuk membantu menopang berat badan seseorang. Selain itu, tulang meniskus juga berfungsi untuk melindungi tulang tabia dan fibula.

Atlet basket dan sepak pola cenderung dapat merobek meniskus hanya dengan cara memutar, memotong, ataupun memperlambat pergerakan lutut. Pada seorang atlet sobekan meniskus sering terjadi beserta ligamentumcruciatum anterior yang robek. Dr Lee Woo Guan merupakan dokter ahli untuk operasi bedah meniskus.

Tanda dan Gejala Robekan Meniskus

Kebanyakan orang akan tetap dapat berjalan meski dalam keadaan lutut yang terluka. Bahkan seorang atlet pun akan tetap terus bermain ketika terjadi sobekan pada bagian meniskus. Namun gejala yang sering dialami adalah adanya peradangan yang terjadi pada bagian lutut sehingga lutut akan terasa nyeri dan kaku ketika digerakkan.

Tanpa adanya sebuah perawatan, sobekan meniskus akan dapat melonggarkan dan menjalar ke area sendi yang berpotensi menyebabkan terjadinya pop, slip, maupun lock. Secara manual, Anda memang dapat mengobatinya, namun apabila Anda mengalami robekan pada meniskus, segarlah hubungi dokter ahli ortopedi untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut.

Diagnosa Robekan Meniskus

Anda harus melaporkan secara detail apa dan kapan cedera itu terjadi. Dokter akan melakukan pengujian fisik untuk mengetahui tingkat keparahan robekan meniskus Anda. Pemeriksaan X-Ray juga akan dilakukan demi mengesampingkan penyebab lain terjadinya nyeri yang terjadi pada bagian lutut. 

Terkadang seorang dokter juga akan melakukan scan pencitraan resonansi magnetik untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat pada jaringan lunak sendi lutut Anda. Seorang dokter juga mungkin akan menggunakan teleskop miniatur untuk dapat melihat ke dalam bagian sendi terutama bagian sendi lutut yang terkunci. 

Pengobatan Konservatif

Perawatan pertama yang dilakukan pada robekan meniskus dengan mengikuti rumus RICE yaitu istirahat, es, kompres, dan angkat yangdikombinasikan dengan obat anti informasi non steroid yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi. 

Perbaikan Bedan

Apabila robekan meniskus Anda tidak sembuh dengan sendirinya, maka ada kemungkinan Anda harus melakukan operasi bedah meniskus. Hal ini didasarkan pada jenis robekan yang dialami oleh seseorang.

Robekan meniskus yang tidak segera diobati dengan cara yang tepat maka akan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Jadi, apabila Anda mengalami robekan meniskus, segera konsultasikan dengan dokter ahli ortopedi untuk mendapatkan perawatan dan penyembuhan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar